Patut dicontoh, Ribuan Akseptor MKJP terlayani dalam 4 hari

Sebagai bentuk implementasi Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta meningkatkan capain akseptor KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah bersama Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah mengadakan pelayanan KB Serentak Awal Tahun 2023. Pelayanan KB ini digelar pada 17-20 Januari 2023, tanpa dipungut biaya.
Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Sulteng, Tenny C. Soriton, S.Sos., M.M. berharap dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan kesertaan ber-KB dan menurunkan angka unmet need atau kebutuhan ber-KB yang tidak terpenuhi. “Tahun ini kita awali dengan melakukan Pelayanan KB MKJP, harapannya dapat meningkatkan pencapaian mCPR dan menurunkan unmet need di Sulteng khususnya di Kabupaten Donggala” ucap Tenny saat mengunjungi Pelayanan KB Gratis Serentak di Puskesmas Delatope, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Kamis (19/1).
 
Lebih lanjut Tenny menjelaskan pentingnya penggunaan KB MJKP bagi pasangan usia subur (PUS) diantaranya memiliki keefektifan yang tinggi dengan tingkat kegagalan yang rendah serta komplikasi dan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan metode kontrasepsi yang lain. “KB MKJP merupakan jenis kontrasepsi yang sekali pemakaiannya dapat bertahan selama 3 tahun bahkan ada yang sampai seumur hidup.” Ujarnya.
Ada 4 pilihan penggunaan kontrasepsi jangka panjang dalam ber-KB, yakni IUD, Implant, MOP dan MOW. Keempa metode kontrasepsi tersebut memiliki kelebihan dan karakteristik masing-masing. Namun secara umum, penggunaan MKJP oleh PUS sangat membantu pemerintah dalam rangka pengendalian penduduk.
Dalam pelayanan KB Serentak ini akseptor yang berhasil terlayani sebanyak 2260 yang terdiri dari IUD sebanyak 262 dan Implan sebanyak 1998 akseptor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *